Power Point Tutorial. Membuat Presentasi Keren

August 09, 2017
Halo agan-agan dan tuan-tuan. Jumpa lagi dengan saya Hedi H selaku admin blog jelek ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial power point. Pada tutorial kali ini, saya akan membahasnya langkah demi langkah agar menjadi tutorial yang power full sehingga presentasi agan benar-benar enak dipandang mata dan tidak acak-acakan.

Tetapi, sebelumnya akang eteh harus memahami apa itu power point? Apa sih pengertian power point? Silahkan dibaca dulu artikel akoh tentang Pengertian Power Point.

Power Point atau lebih lengkapnya Microsoft Power Point adalah aplikasi untuk membuat presentasi. Aplikasi ini sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk membuat presentasi seperti Company Profile, Proposal Perusahaan, Laporan Keuangan dan sebagainya.

Bukan saja perusahaan yang menggunakan power point sebagai media presentasi, bahkan di sekolah atau universitas para pengajar menggunakan power point sebagai media dalam memberikan pelajaran atau memaparkan materi.

Apa saja kegunaan power point ?
“Banyak, selain sebagai alat presentasi, power point juga bisa dibuat video slide dengan syarat harus office13 ke atas”

Bagaimana Cara Membuat Presentasi dengan Power Point?
Sangat Mudah, yuk kita mulai tahap demi tahap langkah pembuatan presentasi menggunakan Ms Power Point.

Langkah Awal, Membuka Power Point

Pertama buka laptop anda, pastikan microsoft power point sudah terinstall. Buka power point dengan cara Klik Menu – Microsoft – Microsoft Power Point. Lihat Gambar

tampilan_awal_power_point

Setelah terbuka, akan terlihat tampilan seperti gambar dibawah !
tampilan_awal_power_point


Langkah Kedua, Membuat Judul
Setelah itu, pilihlah template yang akang eteh suka, bisa pilih blank template ( template kosong ) atau pilih yang sudah tersedia. Maka akan terbuka tampilan awal power point. Biasanya tampilan tersebut berupa Title Slide
microsoft_power_point

Langkah Ketiga, Menulis Materi
Tulis materi yang ingin akang eteh sampaikan. Contohnya disini saya akan buat slide presentasi dengan materi “ How To Make Powerfull Presentation With Power Point”. Jangan lupa, tambahkan Subtitle ( sub judul ) dibawah judul.
Kemudian Klik Kanan pada panel di samping kiri. Atau anda bisa juga memilih slide baru dalam menu diatas. Lebih jelasnya lihat gambar !

Setelah terbuka slide baru, maka silahkan memulai menulis slide demi slide.

Langkah Keempat, Menambahkan Transisi (Transitions).
Agar presentasi akang eteh maknyos dipandang mata, buatlah slide demi slide berbeda dengan cara menambahkan transitions pada tiap slide. Caranya, pada panel atas pilih Transitions, maka akan terbuka dialog transitions, silahkan pilih jenis transisi yang akah eteh suka jenis transisinya seperti zoom, cut, origami, fade dan lain sebagainya. Kalo saya pribadi, untuk transisi pertama lebih suka menggunakan “Split”. 

Setelah memilih jenis transisi yang akang eteh suka, atur waktu transisi dan tambah suara saat slide akan berpindah. Lihat gambar.
menambah_transisi_microsoft_power+point

Setelah selesai, buat slide baru seperti langkah pertama. Tulis juga materi yang akan disampaikan.

Langkah Kelima. Menambah Animasi
Efek animasi dalam Microsoft Power Point mempunyai fungsi judul dan teks yang kita buat tidak tampil bersamaan. Ada tiga jenis efek animasi yaitu : Entrance, Emphasis dan Exit. Untuk membuat presentasi yang powerfull, silahkan pilih jenis Entrance.

Akang eteh juga bisa mengatur waktu animasi power point agar. Waktu minimal yaitu 00:50 dan maksimal terserah akang eteh, disini saya pake waktu animasi dengan durasi 03:00 dan delay 01:00.

Langkah Keenam, Mengganti Background
Agar presentasi akang eteh lebih ciamik lagi, ganti background untuk masing-masing slide, jangan semuanya. Caranya, klik kanan slide di panel samping yang akan akang eteh ganti ganti backgroundnya.
cara ganti background power poinr

Kemudian pilih format background, maka akan terlihat dialog format background di panel kanan ( untuk power point 2013 ). Ada 4 pilihan background yaitu Solid Fill, Gradient, Picture or Texture Fill dan Patern Fill. Pilih salah satu, disini saya akan menggunakan Picture Or Texture.

Langkah Ketujuh, Selesai
Saya kira sudah cukup tutorial power point yang hebat ini, langkah demi langkah sudah saya sampaikan secara jelas disertai gambar. Saatnya sekarang anda berkreasi. Apabila tutorial power point ini kurang begitu difahami, silahkan tanyakan melalui kolom komentar dibawah atau akang eteh bisa kontak saya melalui email, silahkan isi form kontak untuk meminta atau mengajukan pertanyaan. Nah, Jika agan ingin tutroal power point ini dalam bentuk PDF silahkan download " Tutorial Power Point Power Full ". Akang eteh juga bisa Contoh Presentasi Menggunakan Power Point

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Ajukan Pertanyaan Anda Disini? EmoticonEmoticon