Contoh AD ART Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

 on Senin, Maret 21, 2016  

Dalam perkembangannya, Desa dituntut profesional dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Sesuai amanat PERMENDAGRI No. 114, maka profesionalisme ini adalah kewajiban bagi Desa. Lampirannya dapat anda Download Disini

Sebenarnya, Dokumen ini sudah saya upload di account academia saya yang berjudul AD/ART Badan Usaha Milik Desa, namun agar lebih jelas disini saya akan membuat contoh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Badan Usaha Milik Desa.
contoh ad art bumdes
Logo Bumdes

Contoh AD/ART BUMDes dalam artikel ini bukanlah satu bundel Document secara lengkap, namun saya hanya akan membahas panduan-panduan dalam penyusunan Badan Usaha Milik Desa agar para perangkat desa tidak kehilangan arah dalam penyusunan Badan Usaha Milik Desa.

Dasar Hukum

UU No. 6 Tahun 2014, PP 43 Tahun 2014, Perda Kab. Lebak No. 9 Tahun 2011 Tentang Bumdes dan Perda Kab. Lebak No. 1 Tahun 2015 Tentang Desa..

Menjelaskan kalimat yang tertuang dalam semua regulasi di atas bahwa:
  “ Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa yang disebut BUM Desa “

dengan : Kata “ DAPAT” tersebut bermakna tidak wajib, akan tetapi penting . Setiap kata dan atau kalimat yang tertuang dalam regulasi adalah hasil kajian para ahli dan bersifat visioner.

Pengertian Badan Usaha Milik Desa

BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa adalah suatu lembaga atau badan yang berdiri dibawah naungan desa dengan maksud memperoleh laba atau keuntungan sebagai sumber Pendapatan Desa agar desa bisa lebih mandiri. Desa yang maju dan mandiri adalah Desa yang mampu mengelola anggarannya secara transparan dan akuntabel. 

Badan Usaha Milik Desa  atau disingkat BUMDes adalah Badan Usaha Milik Desa yang didirikan dengan hasil musyawarah desa untuk meningkatkan pendapatan asli desa guna membantu kemampuan Pemerintah Desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat yang kemudian untuk kelancaran berjalannya ditetapkan dengan Badan Hukum. 

Tahapan Pembentukan Badan Usaha Milik Desa

Tahapan-Tahapan pembentukan BUMDes meliputi Rencana Pembentukan dengan membuat draft Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga BUMDes, Penggalian Potensi Desa untuk dituangkan dalam jenis Usaha dan kategori Usaha, Nama Badan Usaha.

Contoh umum potensi Desa adalah :
  1. Desa adat
  2. Desa Wisata
  3. Desa Kota
  4. Bumi Perkemahan
  5. Sumber Air Bersih
  6. Pasar Desa
  7. Warung Serba Ada
  8. Warung Teknologi
  9. dst

Selanjutnya dibentuk Tim Pembentukan BUMDes oleh Kepala Desa yang bertugas merancang, merencanakan, dan membentuk Badan Usaha Milik Desa. Pembentukan BUMDes diawali dengan musyawarah Desa yang dihadiri oleh BPD, Lembaga Desa, Perangkat Desa dan unsur lain yang diperlukan.

Musyawarah Desa Luar Biasa

Dalam Musyawarah Desa (MUSDES) Panitia Pembentukan BUMDes menyampaikan hasil kerjanya berupa Draft AD/ART BUMDes yang meliputi Nama BUMDes, Jenis Usaha, Kebutuhan Modal Usaha dan Usulan Pengurus BUMDes.
contoh pembentukan ad art bumdes
Ilustrasi Musyawarah Desa

Setelah ada kesepakatan antara Masyarakat dan Pemerintah Desa, Selanjutnya BPD membuat Draft Peraturan Desa (PERDES) tentang BUMDes untuk dibuatkan Badan Hukum. Draft Peraturan Desa disampaikan oleh BPD kepada Kepala Desa untuk dibahas dalam Rapat Paripurna Desa. 
Contoh AD ART Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) 4.5 5 Hedi Putra Senin, Maret 21, 2016 Contoh AD ART Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). dalam artikel ini bukanlah satu bundel Document secara lengkap, namun saya hanya akan membahas panduan-panduan dalam penyusunan Badan Usaha Milik Desa Dalam perkembangannya, Desa dituntut profesional dalam Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Sesuai amanat PERMENDAGR...