Home » » Pengertian inbound link dan masalahnya

Pengertian inbound link dan masalahnya

Pengertian inbound link dan masalahnya – ketika awal-awal terjun ke dunia blogging, saya selalu mencari rujukan dari blog lain untuk meningkatkan traffic ke blog sederhana ini. Berbagai tips dan tutorial sudah saya coba, namun hasilnya kurang maksimal dan memuaskan bagi saya.

Semakin hari saya belajar bagaimana meningkatkan kualitas sebuah website, bagaimana cara membuat artikel berkualitas dan selalu bertanya bagaimana. Setelah semakin memahaminya akhirnya timbul kembali pertanyaan. Apakah ada dampak atau masalah dari beberapa tips dan tutorial tersebut?

pengertian+inbound+link+dan+masalahnya
Pengertian inbound link dan masalahnya
Akhir-akhir ini, google selalu meng-update algoritma nya di mesin pencarian, tiap tahun selalu saja ada algoritma baru dari google yang membuat para blogger was-was dan ketar-ketir. Perkembangan ini tentu berimbas kepada teknik dan penerapan SEO (Search Engine Optimazion).

Pengertian Inbound Link
Cukup sekian pembuka artikel Pengertian Inbound Link dan masalahnya. Sekarang kita memasuki pokok pembahasan. Secara bahasa pengertian Inbound adalah directed or moving inward or toward a center [1] bound [2] the past tense and past participle of BIND Namun jika kita pisahkan kedua kata tersebut menjadi dua yaitu In yang artinya sesuatu yang ada didalam atau didalam dan Bound yang artinya [kb] loncatan, lambungan;menuju ;meloncat ;membatasi ;keluar batas*) jika kita satukan akan menjadi “Sesuatu yang mengarah ke dalam

Pengertian link atau hyperlink adalah sebuah acuan dalam dokumen hypertext ke dokumen yang lain atau sumber lain. Dalam bahasa Indonesia, link atau hyperlink ini disebut dengan tautan. Arti kata dari tautan adalah tulisan atau gambar yang apabila di klik akan mengarah atau menuju halaman tertentu. Tautan itu sesuai dengan yang ditentukan oleh pembuat link tersebut.

Dari literature diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian Inbound Link (in+bound+link) adalah suatu tautan yang berada didalam suatu halaman atau page yang menuju ke halaman lain didalam satu tempat atau satu wadah. Penjabaran dari kata tersebut bisa kita jabarkan menjadi “suatu tautan yang mengarah ke halaman lain didalam satu website”.

Ilustrasi “ Saya membuat artikel tentang Pengertian Matematika pada hari selasa, kemudian pada hari kamis saya membuat artikel tentang Pemahaman Matematika, maka pada saat membuat artikel tentang pemahaman matematika, saya membuat tautan dalam artikel tersebut yang mengarah ke artikel Pengertian matematika. Hal itulah yang disebut inbound link”

Masalah Inbound Link.
Masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan inbound link memang tidak begitu signifikan mempengaruhi kinerja SEO, sebuah penerapan yang bagus tentunya akan mengurangi bounce rate (Rasio Pentalan) website kita. Semakin tinggi Bounce Rate sebuah website, maka akan semakin buruk pula reputasi website tersebut di SERP atau Search Engine. Justru, dengan penerapann inbound link ini, akan membantu mengurangi rasio pentalan.

Masalah yang saya temukan dalam penerapan inbound link ini adalah :
  1. Terkesan dipaksakan, artinya penyisipan tautan atau link itu tidak match dengan isi sebuah kalimat.
  2. Mempengaruhi halaman lain, artinya apabila ada salah satu halaman kita yang masuk penalty google sandbox, maka halaman yang satu juga akan terkena imbasnya.

Solusi untuk mengatasi masalahnya.
Untuk mengatasi masalah yang pertama, ada baiknya anda membuat sebuah kalimat yang sesuai standard dan tidak memaksakan membuat link didalam kalimat yang tidak relevan, karena hal tersebut sangat tidak disukai oleh mesin pencari. Mengingat algoritma hummingbird ini yang lebih menekankan kepada content yang berkualitas. Maka mesin pencari akan sangat sulit menterjemahkan kalimat tersebut, apakah kalimat tersebut dibuat untuk manusia atau untuk mesin. Bisa jadi artikel anda akan dianggap Sampah/SPAM.

Untuk mengatasi masalah yang kedua, solusi yang saja ajukan adalah dengan membuat artikel tersebut beratribut “nofollow”. Anda tinggal menambahkan rel=’nofollow’ terhadap artikel anda. Dengan menggunakan atribut ini, maka mesin pencari akan mengabaikan artikel lain yang terkena penalty sandbox.

Demikian artikel tentang Pengertian Inbound Link dan masalahnya ini saya sajikan buat anda. Semoga menjadi Edukasi, Inspirasi dan Solusi buat anda semuanya. Amin. Saya mau makan bubur kacang ijo buatan istri tercinta dulu ya.. see you later dan selamat datang di Desember ceria

0 comments:

Post a Comment

Malu Bertanya Sesat di Jalan