Home » » Kesalahan Blogger Pemula

Kesalahan Blogger Pemula

Kesalahan Blogger Pemula ~ Menjadi terkenal adalah impian setiap orang, dipuja disana dipuji disini, disanjung disetiap panggung. Namun, bagaimana pun juga, untuk menjadi terkenal bukan perkara mudah dan usaha instant. Butuh kerja keras dan usaha serta perjalanan yang liku dan pengorbanan yang banyak.

kesalahan+blogger+pemula

Seperti yang kita ketahui bersama, orang berkata mudah di lisan tapi berat di kelakuan. Saya bisa saja menyalahkan anda, namun kenyataannya telunjuk saya mengarah kepada muka saya sendiri. pada tahun 2009 saya pertama kali mengenal blog, namun pada saat itu saya tidak berfikir tentang uang, saya hanya berfikir tentang bagaimana saya bisa menulis dan dibaca oleh orang banyak. Seiring perkembangan jaman dan kebutuhan yang mendesak serta ketiadaan akses internet membuat saya harus vakum dan tidak melanjutkan kegiatan nge-Blog. Barulah pada tahun 2010 saya mulai kembali melakukan aktivitas blogging, namun masih sebatas hobi dan tidak neko-neko, apalagi mikir soal SEO atau make money online. Bulan juni 2014 baru saya memikirkan masalah SEO dan UANG dari Blog yang saya kelola ini.

Sekelumit kisah diatas hanyalah penggalan cerita fiktif sedikit naïf tapi nyata adanya. Sebagai pembuka dalam pokok pembahasan yang ingin saya sampaikan kepada Anda yaitu tentang Kesalahan Blogger Pemula.

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya pribadi dan dari hasil kajian saya terhadap teman-teman blogger. Pada umumnya, kesalahan yang dilakukan oleh para Blogger pemula tidak pernah disadarinya, namun, semua itu bukanlah suatu kesalahan yang total, hanya terbatas pada kekurang fahaman terhadap segala kegiatan yang dilakukan dalam dunia blogging.

 Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan dan semoga ini menjadi pembelajaran buat kita. Setelah saya atau anda membaca ini dan mengoreksi diri kita masing-masing, maka akan didapat kesadaran serta pemahaman yang sama, yaitu suatu pemahaman tentang tujuan dan cara pandang. 

Dalam kajian dan pengamatan saya, kesalahan yang dilakukan oleh para blogger pemula ( Istilah kerennya Newbie) adalah :
  1. Terburu - buru, seperti telah disinggung diatas, bahwa di dunia ini tidak ada yang instant dan serba cepat dalam menggapai sebuah tujuan. Kesalahan pertama yang saya temukan dari para teman-teman blogger adalah sifat tergesa-gesa atau terburu-buru.
  2. Terpaku pada uang, hal ini tidak bisa dipungkiri, bahwa hampir 80% para blogger berfikir bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog yang dikelola. Saya, secara pribadi menyadari itu, namun permasalahannya adalah "sudah pantaskah blog kita diuangkan?'
  3. Terpengaruh oleh "RAHASIA". Jika saya kaji, bahwa pengertian dari  rahasia adalah sesuatu yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Saya heran, ketika melihat banyak sekali di mesin pencarian tentang "RAHASIA" yang dibeberkan. Pertanyaan saya cuma satu, Apakah itu masih rahasia?
  4. Tergiur oleh penampilan yang WAH dan ELEGANT. Untuk poin ini ada kaitannya dengan template. Dalam sejarahnya, heddy's blog mengalami beberapa kali perubahan penampilan atau template. Namun hal tersebut bukan berdasarkan tanpa alasan. Walau saya memahami bahaya seringnya ganti template. Saya tetap melakukan perubahan, karena semua perubahan yang dilakukan karena tuntutan dari perkembangan teknologi. apalagi sekarang jaman template responsive yang menuntut sebuah website atau blog dapat dengan mudah diakses via mobile ( baca juga : Cara Membuat Blog Versi Mobile ).
  5. Pengelolaan dan Teknik SEO yang salah kaprah. ini merupakan poin penting yang harus diketahui. Saya yakin, 99% blogger pemula bertanya " Bagaimana cara meningkatkan traffic blog, bagaimana menjadi nomor 1 di SERP, bagaimana cara menjadi blogger yang sukses, dan banyak bagaimana lagi yang saya tidak bisa sebutkan. Pertanyaan bagaimana cara memang sangat bagus dan membantu, sehingga kita menemukan solusi yang tepat untuk dapat keluar dari masalah. Perlu kita ketahui, bahwa SEO adalah SENI dalam blog. Kemampuan dan Keterampilan anda dalam menyampaikan sesuatu harus berbeda dalam tata bahasa kita sendiri tanpa keluar dari koridor EYD dan bahasa baku yang sudah ditetapkan. Google sangat menyukai sesuatu yang berbeda dan unik, yang dikemas dalam pola yang informatif, edukatif, dan memotivasi.
Dari ke-5 kesalahan diatas, poin mana saja yang pernah anda lakukan? karena berdasar keyakinan saya, ada salah satu dari ke-5 poin tersebut yang pernah anda lakukan.

Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada teman-teman blogger. Marilah kita sama-sama belajar dan memperbaiki kualitas blog kita. Karena kualitas blog mencerminkan kualitas kita di kehidupan nyata. Anggap saja tulisan ini sebagai motivasi bagi anda umumnya dan bagi saya pribadi khususnya. Akhirnya setelah hampir 50 menit saya berfikir dan jari-jari menari di atas keyboard untuk sekedar menulis sebuah artikel menarik tentang Kesalahan Blogger Pemula ini selesai ditulis, walau tidak menutup kemungkinan akan diadakan perbaikan.

2 comments:

  1. datang berkunjung salam snlogger salam perkenalan mas, dapet ilmu lagi disini, beberapa point pernah saya alami. cuma masalah seo doang yang sampai sekarang belum ngerti-ngerti, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kembali mas, itu juga pengalaman saya, hehehe,, SEO sebenarnya sama, menurut saya SEO adalah SENI untuk menjadi nomor 1

      Delete

Malu Bertanya Sesat di Jalan